Edinson Cavani bikin rekor baru di Ligue 1 setelah klub lamanya, Napoli, menerima tawaran dari Paris Saint-Germain (PSG). Nilai transfernya senilai 64 juta euro (sekitar Rp 845 miliar) merupakan harga tertinggi di liga utama negara dengan ikon menara Eiffel tersebut. Penawaran transfer sebesar itu akhirnya mematahkan rekor Radamel Falcao yang pada akhir bulan Mei dipinang oleh AS Monaco sebesar 60 juta euro dari klub yang membesarkan namanya, Atletico Madrid.


PSG pastinya udah mikir matang sebelum mendatangkan Cavani. Menjadi top skor di Serie A merupakan salah satu pertimbangan PSG. Perolehan gol yang berhasil disarangkan Cavani ke gawang lawan sebanyak 29 gol. Dengan produktivitas 38 gol dari 43 laga selama musim 2012/2013, membuat PSG berani membayar mahal pemain yang berpaspor Uruguay itu.

Selebrasi gol Cavani saat masih di Napoli.
Sepertinya, Napoli berhasil untuk 'jual mahal' pemain berambut gondrong itu. Pasalnya, ada banyak klub-klub besar eropa lainnya yang ingin mendapatkan jasa pemain yang berusia 26 tahun itu. Dengan nilai transfer yang menjadikannya sebagai pemain termahal di Ligue 1, Cavani memiliki tugas yang berat. Dengan label pemain mahal yang ditanggungnya, ia harus berkontribusi besar dalam tim. Apabila tidak mampu berandil dalam tim, maka nasib Cavani bakal sama halnya dengan yang dialami Fernando Torres yang dibeli dari Liverpool oleh Chelsea seharga 58 juta euro. Bisa kita lihat prestasi El Nino, julukan Torres, selama merumput di Chelsea... hehehe. Sarat dengan kritikan! Akan sama pula dengan Kaka yang dibeli Madrid seharga 68 juta euro dari AC Milan. Ckckck.


Nilai transfer tertinggi di Ligue 1 menjadikan Cavani menempati urutan ke-4 pemain termahal di dunia:
1. Cristiano Ronaldo - dari Manchester United ke Real Madrid - (94 juta euro)
2. Zinedine Zidane - dari Juventus ke Real Madrid - (75 juta euro)
3. Ricardo Kaka - dari AC Milan ke Real Madrid - (68 juta euro)
4. Edinson Cavani - dari Napoli ke PSG - (64 juta euro)
5. Luis Figo - dari Barcelona ke Real Madrid - (62 juta euro)

Setelah diliat-liat, bener juga kata orang kalo Real Madrid itu klub tajir. 4 dari 5 pemain diatas didatengin ke Madrid dengan nilai transfer gila-gilaan! Gak salah, deh, ngefans sama klub tajir. Hahaha.